Prof. Mauly Purba
MUSIK KLASIK CHINA
Istilah musik
Kata 'musik dalam bhs China dikenal dengan kosa kata 'yue' yg direpresentasikan dentuk idiograf sbb
Idiograf yg sama bisa juga dilafalkan sebagai 'le' yg berarti 'kebahagiaan' atau 'kenikmatan'; yang menyimbolkan hubungan antara keduanya: musik dan kenikmatan/kebahagiaan
ISTILAH MUSIK
Bentuk archaik atau lama dari idiograf 'tue' atau 'le' memiliki pengertian secara ekstrinsik maupun intrinsik.
Secara ekstrinsik idiograf tsb berarti 'sesuatu hal yg memberikan kenikmatan'.
Secara intrinsik idiograf itu berarti sesuatu yang menyatuikan semua hal yg berhubungan dengan arts (seni) pertunjukan musik dan tari, literatur, dll
ISTILAH MUSIK
Musik dalam kehidupan orang China bukanlah sesuatu yg terisolasi tetapi adalah hal yg sangat kontekstual dan secara luas terintegrasi dng aspek2 kehidupan. (Scara kesejarahan musik China sangat berhubungan dng banquet, archery events, dance, dll)
Yue, sebagai lembaga yg memberikan kenikmatan sdh dibangun di masy. China sejak millenium pertama BC di zaman dynasty Zhou
ISTILAH MUSIK
Yue dalam pengertiannya yg inklusif yakni yg berhubungan dengan 'seni' dan musik secara tradisional dianggap sebagai satu dari empat asas kemasyarakatan sosial, bersamaan dengan moral (li), hukum (xing), dan politik (zheng).
Khususnya karena penekanan ini, maka setiap negara bagian, gynasty dan republik pada kesejarahan China membuat secara formal suatu lembaga musik yg disebut 'biro musik'
ISTILAH MUSIK
Beberapa contoh misalnya:
The office of grant music master (dashiyue) pada dynasty Zhou
Music bureau (yuefu) pada dinasty Han, dan seterusnya hingga
The Minister of Culture, in the People 's Republic of China.
2. Pola kesejarahan dan periodessi musik China
Sulit membicarakan periodesasi musikchina
Jika ada, periodesasi tsb selalu bernuansa kontraversial antara yg satu dng lainnya
Periodesai musik China, yg berhubungan dng perubahan dan kontinuitas, persamaan dan perbedaannya seiring dng perjalanan sejarah, memiliki dilemma yang serupa
Pola kesejarahan dan periodesasi musik China
Musik China dalam periodesasi dapat dimengerti dalam konteks tahapan-tahapan perkembangannya, meliputi tahapan perkembangan sosio-ekonomi, tahapan perkembangan teknologi komunikasi, gaya, pembaruan-pembaruan dalam hal idiologi dan politik
Pola kesejarahan dan periodesasi musik China
Pada akhirnya setiap formulasi untuk periodesasi adalah pandangan personal dan merupakan interpretasi subjektif.
Dalam rangka alasan di ataslah tabel/chart berikut diformulasikan.
Char tsb disusun untuk mengakomodir 12 kategori
Pola kesejarahan dan periodesasi musik China
Kategori 1 s.d. 6 memanisfestasikan kesejarahan, pola kemasyarakatan dan politik yang secara kontekstual berhubungan dengan penyelesaian secara musikal (output) pada kategori 7 s.d. 12
Kategori 3 (A dan B) serta 4 memberikan dua divisi kesejarahan yang sering dipraktekkan
Kategori 3A+B mengikuti cara/gaya Barat sedangkan kategori 4 didsarkan pada ionteraksi China dng bangsa lain.
Kreativitas Musikal
Dari data yang diperoleh berdasarkan data kesejarahan tertulis dan data tradisi oral, kebanyakan komposisi musik China adalah bersifat re-composed (penciptaan ulang) musik folk dan populer yang diperoleh dari sumber tertulis maupun lisan.
3. Kreativitas Musikal
Re-composed maksudnya aransemen baru (versi baru) dari komposisi yang lama.
Cara inilah yang menyebabkan hadirnya kontinuitas di dalam tradisi musik China
3a. Authorship dan Lingkaran Peristiwa
Penulis/pencipta karya musik dalm tradisi musik china hampir-hampir tidak dikenal
Bahkan pegawai musik istana pada suatu dinasty mengkreasikan kembali musik-musik yang diperoleh dari musik folk.
Misalnya, sebuah musik rakyat yg digunakan untuk ritual @ pesta makan malam, diadopsi oleh istana dgn memberikan polesan sesuai dengan selera pihak istana
Authorship dan Lingkaran Peristiwa
Musik yang berkembang di istana ini akan kembali ke masyarakat lagi pada saat dinasty itu runtuh.
Biasanya ratusan pegawai istana/musisi istana akan kembali hidup di antara masyarakat.
Lingkaran inilah yang terjadi secar teru menerus dalam kesejarahan musik China
3b. Solois dan Repertoar solo dlm Musik China
Ide 'instrumen pemimpin' yg dimainkan oleh seorang pemain utama 'solo' sangat penting tidak saja untuk genre musik solo tetapi juga dalam genre musik ensambel.
Adalah tangung jawab seorang pemain solo untuk mendikte interpretasi musikal dari ensambel
Solois dan Repertoar solo dlm Musik China
Sementara itu, pemain solo ditentukan oleh tingkat kemampuan artistik seseorang tetapi lebih sering oleh tingkat sosial dan status politik seseorang
Contoh: Emperoro Xuan zhong dari dinasty Tang (abad-X) yg terkenalahli dalam memainkan jiegu (side-drum).
Instrmt ini jadi instrmt solo pada musik istana masa itu krn status pemusiknya dan menjadi instmt penting pada orkestra istana
Fungsi sosial musik
Sebagai alat mengekspresikan diri/perasaan
Sebagai manifestasi dedikasi spiritual
Sebagai bentuk intertainmen
Sebagai alat propaganda dalam konteks politik
Musisi Amatir Vs Profesional
Pada masy. China status musisi ditentukan oleh pekerjaannya dan level edukasinya
Pada masyarakat tradisinal China kebanyakan musisi yg tercatat sejarah adalah para penggemar musik [tanpa menjadi ahli]
Hanya ada beberapa nama saja yang tergolong pemusik sarjana confusiu
Musisi Amatir Vs Profesional
Musisi profesional adalah musisi ahli dan intertainer yang keahliannya harus dibayar
Musisi profesional dibagi dalam dua kategori berdasarkan musik/pertunjukan yg mereka sajikan:
Pertama, mereka yg memainkan 'good music', yaitru musik yang diteruima di kalangan 'literary-gently' class (kalangan terpelajar)
Musisi Amatir Vs Profesional
Pertama, mereka yg memainkan 'good music', yaitru musik yang diteruima di kalangan 'literary-gently' class (kalangan terpelajar) atau musik yang sesuai dengan idiologi negara yg sedang dianut, memiliki suatu sejarah perkembangan dan memiliki latar belakang pemahaman filoosofis
Kedua, adalah mereka yang memainkan 'bad music' yaitu musik pop dan musik yg tekstualnya berikan tentang hal-hal profane dan diiringi dengan gerakan-gerakan tubuh yg secara sosial ditolak
Pemain musik adalah komposer
Dalam tradisi musik China pemain adalah juga seorag komposer
Diberikannya kpd seorang pemian untuk melakukan semi-improvisasi, yaitu memberikan variasi-variasi tertentu terhadap melodi dan ritem, dinamika dan tempo sebuah komposisi menjadikan seorang pemain sekaligus menjadi seorang komposer
Pemain musik adalah komposer
Oleh karena itu dalam tradisi musik China sering sekali sebuah komposisi musik eksis dalam banyak versi.
Keberhasilan seorang musisi juga kadang2 diukur dari kemampuannya 'merekomposisikan' sebuah komposisi
Profil suara musik China
Secara garis besar profil bunyi musik China adalah mwerupakan perpaduan bunyi instrumen berdawai (digesek dan dipetik) dengan instrumen tiup (khususnya flute transverse dan mouth organ), serta instrumen perkusi (seperti gong, cymbal, drum dan culcimer).
Profil suara musik China
Yang paling terkenal dari profil musik China adalah perpaduan bunyi instrumen plucked zither dan lute serta struck dulcimer.
Kwalitas musik vokal China juga unik, yaitu dengan penggunaan nada-nada yang tinggi, dengan kwalitas suara nasal dan terjepit.
Karakter warna suara
Sejak perkembangan klasifikasi bayin (kira2 abad ke 8 BC), kesadaran akan warna suara menjadi sangat penting dalam perkembangan budaya musikal China
Ketika perkembangan harmoni dan ritme sangat pesat pada kebudayaan musik lain, isu warna suara mencapai puincaknya pada tradisi kebudayaan musikal China
Karakter warna suara
Warna suara tidak saja dilihat dari sifat-sifat materi instrumen maupun cara memainkannya tetapi juga dari kondisi lingkungannya, termasuk korelasi antara instrumen tertentu dengan cuaca yang bervariasi, temperatur, arah angin dan setting ensambelnya.
Oleh karena itu, warna suara menunjukkan 'jiwa kehidupan musik'
Karakter warna suara
Sebagai dampak dari karakterisasi warna suara ini, maka sebuah komposisi musik tidak saja dicirikan oleh melodinya saja tetapi juga oleh instrumennya.
Oleh karena itu musik bisa saja dimainkan dengan instrumen berbeda. Dan oleh karena itu pula penikmatan sebuah komposisi musik tidak saja di dalam melodi dan ritmenya, tetapi juga di dalam paduan warna suaranya.
Struktur ritme musik China
Sekwens musik China terjadi dalam dua format:
Format bermetrik dan
Format non-metrik
Struktur ritme musik China
Yang menggunakan non-metrik terjadi pada:
Bagian introduction komposisi musik
Pada komposisi musik solo, misalnya pada repertoar musik qin
Ada dua aspek yang berbeda dari non-metrik
Free-ritem, dan
Asymetrik ritem (berhubungan dng overlapping, struktur hirarki) (lihat contoh)
Konsep teoritis Mengenai Nada dan sistem tangga nada pada masa Zhou-Warring State Period)
Sejak zaman Zhou bunyi telah dianggap secara mendasar sebagai menifestasi dari alam di dalam keseimbangan dan ketidak keseimbang
Sistem klasifikasi bayin yang sesuai dengan delapan jenis material tidak saja menurut kriteri warna suara tetapi menyimbolkan kesatuan anatara bunyi dan alam
Konsep teoritis Mengenai Nada dan sistem tangga nada pada masa Zhou-Warring State Period)
Oleh karena itu instrumen musikal, kendati terbuat dari batu, kayu, metal, sutera, bambu, tanah atau kulit merepresentasikan elemen amteri dari alam.
Disamping material instrumen2 musik juga diasosiasikan dengan mata angin, cuaca, dan saat pertunjukan, memberikan kontribusi terhadap konsepsi dan simbol di dalam kebudayaan China
Konsep teoritis Mengenai Nada dan sistem tangga nada pada masa Zhou-Warring State Period)
Seseorang bisa saja melihat adanya fondasi ekologi di dalam korelasi instrumen dan lingkungan
Warna suara suatu instrumen secara langsung dipengaruhi kondisi cuaca, misalnya oleh kelembapan dan temperatur.
Konsep teoritis Mengenai Nada dan sistem tangga nada pada masa Zhou-Warring State Period)
Contoh: flute bambu mempunyai warna suara yg paling baik pada musim bunga dan sangat berlawanan pada musik dingin ketika instr. Yg terbuat dari bambu mempunyai kecenderungan retak
Sebaliknya, pada saat udara yg kering di musik dingin sangat baik untuk kwalitas membran dari gendang.
Kondisi yang sama berlaku pada saat memilih materi dan menentukan waktu di dalam pembuatan alat musik.
No comments:
Post a Comment